Logo

Log ind

Log in automatically next time

or

Forgotten the password?  ·  Create account

official Link Blog

0År

Shapelink Official Blog

Blog Articles

Lakukan Ini Jika Sering Nyeri di Bagian Panggul

AddthisDel   FeedRSS feed  

otot panggul


Saya ingin bercerita mengenai suatu keadaan yang kerap dialami oleh sebagai besar orang, tak terkecuali saya sendiri. Seiring bertambahnya usia, saya merasakan bagaimana kondisi stamina tak seperti dahulu lagi dan lebih rentan capek dan lelah. Disini saya akan berbagai pengalaman berdasarkan apa yang saya alami sebagai sarana saya untuk berbagi informasi yang mungkin berguna untuk orang lain.


Entah itu pria maupun wanita pada dasarnya memiliki otot dasar panggul yang memiliki peran begitu penting, khususnya adalah untuk menjaga kesehatan organ-organ bagian reproduksi, termasuk mengatur kapan nantinya harus buang air baik itu kecil maupun besar. Otot yang satu ini memang tidak terlihat karena berada di dalam tubuh, namun tetap harus dijaga kesehatannya, agar kemampuannya dalam berkontraksi tidak turun dan memicu beberapa masalah kesehatan, maka dapat dilakukan latihan secara rutin, diantaranya adalah dengan latihan otot di bagian panggul.


Latihan ini lebih dikenal juga sebagai senam kegel, pastinya banyak yang sudah begitu sering mendengar namanya bukan. Apalagi kegiatan senam ini begitu dianjurkan apalagi bagi wanita, khususnya yang sedang menanti kelahiran buah hati, karena nantinya akan sangat berguna di dalam membantu kelancaran proses lahir. Latihan dasar panggul ini agaknya dapat dilakukan dengan mudah di rumah, berikut ini diantara panduannya yang bisa diikuti, yaitu:


1. Duduk dengan nyaman, kemudian kencangkan otot bagian bawah panggul, caranya sangatlah mudah, seperti dengan gerakan menahan buang air kecil, namun tidak perlu terlalu keras, lakukan gerakan ini selama kurang lebih 3 detik.


2. Selama posisi menahan otot panggul ini, maka ada baiknya untuk tidak melakukan beberapa hal berikut, diantaranya adalah menahan napas, mengencangkan otot bagian perut, otot bagian paha dan juga sejenisnya, karena hal tersebut hanya akan membuat perut menjadi keram.


3. Lemaskan otot tersebut selama 3 detik setelah menahannya, kemudian lakukan kembali gerakan menahan otot panggul tersebut selama 3 detik lagi.


4. Ulangi kegiatan di atas selama kurang lebih 10 kali.


5. Guna dapatkan hasil yang optimal, maka senam kegel ini dapat dilakukan paling tidak 3 kali dalam sehari.


Mudah dilakukan oleh siapa saja, termasuk juga diantaranya untuk pria, jangan salah karena selain wanita, maka pria sendiri juga sebenarnya wajib dalam melakukan latihan pada otot dasar panggul ini secara rutin, apalagi begitu banyak sebenarnya manfaat yang ditawarkan untuk kaum adam, yaitu:


1. Dapat membantu mengatasi inkontinensia urine, dimana hal ini membuat seseorang kehilangan kemampuan dalam mengatur kapan urine nantinya akan dikeluarkan.


2. Membuat stamina menjadi lebih kuat, karena aliran darah menjadi lebih lancar.


3. Membantu untuk mengatasi masalah yang berhubungan dengan masalah pria.


4. Mengobati masalah buang air kecil tidak tuntas


5. Dapat menjaga kesehatan organ prostat pada pria.


Begitu banyak bukan manfaatnya, sehingga sebisa mungkin luangkan waktu Anda untuk melakukan latihan dasar panggul ini secara rutin, guna mendapatkan hasil yang optimal, apalagi untuk mereka yang sudah berusia di atas 30 tahun biasanya kemampuan otot panggul mulai turun.


**Referensi tambahan: RS Mitra Keluarga (view link)

 
Written 249 weeks ago