Logo

Login

Log in automatically next time

or

Forgotten the password?  ·  Create account

wisata Link Blog

Kvinnawisata tania, 36year , Indonesia

Wisata dan Tips trik

Share info seputar wisata dan traveling serta beragam tips trik seputar kehidupan kita lainnya

Penyebab Umum dan Permasalahan Pada Mesin Cetak yang Paling Sering Terjadi

AddthisShare   FeedRSS feed  

Untuk Anda yang memiliki bisnis atau usaha percetakan tentu sudah sangat akrab dengan mesin cetak karena alat elektronik yang satu ini akan membantu Anda dalam menjalankan orderan setiap hari. Umumnya agar setiap mesin yang Anda miliki dapat digunakan dengan baik sesuai fungsinya, maka harus selalu mendapat perawatan secara rutin dan tidak boleh sampai terlewatkan. Selain bertujuan untuk mempertahankan kinerja mesin, perawatan yang baik dan teratur juga sangat penting karena akan berpengaruh langsung pasa usia pemakaian mesin yang Anda gunakan untuk orderan tersebut.


 


Akan tetapi, jika kondisinya mesin yang Anda gunakan untuk mencetak tersebut terlanjur rusak maupun mengalami gangguan tertentu sehingga berakibat pada terhambatnya pekerjaan atau hasil yang kurang maksimal, maka sebaiknya Anda mengetahui apa saja penyebab umum dan permasalahan yang paling sering terjadi pada mesin percetakan agar dapat menentukan langkah penanganan yang tepat, antara lain:


 


- Jika mesin percetakan Anda mengalami jalannya kertas yang tidak lancar atau justru dobel, maka kemungkinan permukaan kertas tersebut tidak rata, atau Anda juga dapat melakukan pengaturan pada double sheet detector.


- Jika kondisinya cetakan Anda tidak register, maka pastikan roda-roda yang terdapat pada feeder posisinya tepat berada dibelakang tepi kertas dan periksa apakah ada kemungkinan gerigi roda yang sudah tanggal.


- Jika Anda mengalami permasalahan ujung kertas yang terkoyak, maka sudah dapat dipastikan bahwa penyebabnya adalah setelan antar griffer yang tidak pas atau anleg bagian depan posisinya terlalu jauh dengan sisi meja feeder.


- Dan jika kondisinya cetakan Anda terdapat skin atau sering disebut juga sebagai mata ikan, maka bisa jadi jenis tinta yang Anda pakai adalah bekas atau kualitasnya tidak baik maupun periksa karena kondisi tersebut dapat terjadi karena ada kotoran tinta yang mengering pada blanket atau plate.


 


Selain beberapa permasalahan pada mesin percetakan seperti di atas, sebenarnya masih ada banyak gangguan lain yang dapat terjadi seperti cetakan yang mudah rontok, jalannya kertas yang tidak stabil karena terlalu cepat atau menabrak maupun hasil cetakan yang tidak tajam. Setiap permasalahan tersebut akan memiliki penyebab yang berbeda, sehingga Anda harus dapat mengenali faktor penyebabnya terlebih dahulu agar bisa melakukan penanganan yang tepat.


 


Itulah ulasan mengenai penyebab umum dan permasalahan yang paling sering terjadi pada mesin cetak. Jika mesin yang Anda miliki menunjukan salah satu permasalahan seperti di atas, maka sebaiknya segera lakukan perbaikan agar kerusakan tersebut tidak sampai mengenai ke komponen lainnya. Namun, jika Anda tidak memiliki pengetahuan atau pengalaman apapun dalam hal perbaikan mesin percetakan, maka akan lebih baik jika membawanya ke yang lebih ahli agar mesin Anda tidak salah perbaikan yang justru dapat semakin memperparah kerusakan tersebut.

 
Written 288 weeks ago