Logo

Log ind

Log in automatically next time

or

Forgotten the password?  ·  Create account

wisata Link Blog

Kvinnawisata tania, 36År, Indonesien

Wisata dan Tips trik

Share info seputar wisata dan traveling serta beragam tips trik seputar kehidupan kita lainnya

Masakan Indonesia Unik dengan Cita Rasa Lezat

AddthisDel   FeedRSS feed  

Indonesia sudah dikenal sebagai negara yang kaya akan sumber daya. Namun selain itu, Indonesia juga kaya dari segi kebudayaan hingga kulinernya. Dari Sabang sampai ke Merauke semuanya memiliki ragam kuliner masing-masing. Untuk masakan Indonesia yang terkenal ke penjuru dunia pun sangat banyak mulai dari sate, nasi goreng hingga rendang. Namun ternyata Indonesia juga punya makanan yang unik namun tetap memiliki cita rasa yang lezat dan banyak disukai.


 


Berikut ini beberapa makanan unik dari daerah di Indonesia yang patut untuk Anda coba:


 


1. Tempoyak


Makanan yang satu ini merupakan hasil fermentasi dari durian. Tempoyak adalah makanan dari daerah Palembang. Bengkulu, Jambi hingga Lampung. Umumnya tempoyak dijadikan lauk saat menyantap nasi. Tempoyak juga tak jarang digunakan sebagai bumbu untuk masakan yang biasanya dimasak bersama ikan. Citarasanya cukup unik yaitu asam namun juga ada rasa gurih. Bahkan di Lampung tempoyak kerapkali dimasak bersama sambal.


 


2. Gulai siput


Makanan dari daerah Riau ini memang banyak disukai oleh penduduk di sana. Mungkin banyak yang mengernyitkan dahi akan gulai siput ini karena memang tidak terlalu umum disantap karena cenderung sering dijadikan sebagai santapan untuk bebek atau ternak lainnya. Rasa kenyal dari siput ditambah ketika Anda menyeruput dari cangkang akan memberikan sensasi tersendiri ketika menyantapnya.


 


3. Papeda


Salah satu makanan dari wilayah Papua dan Maluku yang amat terkenal adalah Papeda yang merupakan bubur dari tepung sagu. Cara pembuatannya adalah dengan menyerut dari batang sagu dan bonggol diperas agar sari pati ini bisa dimasak. Untuk menyantapnya, papeda biasa disajikan bersama kuah kuning dari ikan mubara atau ikan tongkol sehingga ada rasa sedap.


 


4. Kawok


Kawok adalah makanan dari Manado. Bahan dasar dari kawok ini adalah tikus. Ya, tikus. Mungkin ada beberapa diantara Anda yang merasa jijik dengan makanan ini karena dari tikus. Tetapi tikus yang digunakan bukanlah tikus biasa atau tikus got melainkan tikus hitam yang memiliki bentuk berbeda dari tikus biasa. Tikus jenis ini aman disantap karena memakan tumbuhan. Tikus-tikus yang akan dimasak biasa dipanggang atau dimasak rica-rica. Tertarik mencoba.


 


5. Botok tawon


Di beberapa daerah Jawa. Botok tawon ini sangat terkenal. Tawon adalah lebah jadi botok ini berbahan lebah. Namun lebah yang digunakan adalah lebah mudah yang masih di sarang sehingga menjadi menu yang diklaim menyehatkan.


 


Itulah beberapa masakan Indonesia yang unik dan tidak biasa. Ternyata Indonesia kaya akan kuliner bukan? Mungkin ada beberapa yang Anda suka, atau Anda tidak suka, namun semua itu adalah makanan nusantara sehingga harus terus dijaga keberadaannya mengingat kuliner juga bagian dari warisan budaya.

 
Written 340 weeks ago