Logo

Log ind

Log in automatically next time

or

Forgotten the password?  ·  Create account

wisata Link Blog

Kvinnawisata tania, 36År, Indonesien

Wisata dan Tips trik

Share info seputar wisata dan traveling serta beragam tips trik seputar kehidupan kita lainnya

Mengenal Lebih Dalam Tentang Berbagai Jenis Mesin Pertanian Modern

AddthisDel   FeedRSS feed  

Dunia pertanian merupakan bidang yang memang memiliki pengaruh yang penting dalam keberlangsungan kehidupan. Dalam bidang inilah berbagai kebutuhan pangan pokok dapat diproduksi, sehingga dapat mendukung keberlangsungan kehidupan sebuah masyarakat. Untuk dapat mendukung produktivitas pada bidang pertanian inilah, kini berbagai mesin pertanian modern mulai diciptakan. Tidak hanya dapat memberikan kemudahan bagi para petani ketika menanam berbagai benih bahan pangan unggulan, namun alat ini juga banyak diciptakan untuk mempermudah proses panen yang dilakukan oleh para petani. Selain produktivitas, waktu bercocok tanam pun menjadi lebih singkat, karena mesin-mesin tersebut dapat bekerja dengan lebih cepat, dibanding dengan cara manual yang biasa dilakukan oleh para petani sebelumnya. Berikut ini beberapa mesin modern yang biasa digunakan dalam bidang pertanian di Indonesia:


 


- Traktor


Mesin otomatis untuk membajak sawah ini, merupakan mesin pengganti dari tenaga sapi ataupun kerbau yang digunakan untuk membajak tanah sawah, sebelum dilakukan penanaman padi didalamnya. Mesin modern ini biasanya akan dijalankan dengan menggunakan tenaga diesel, dimana pada bagian bawah mesin akan memiliki semacam cangkul ataupun penggaruk yang berfungsi untuk mengolah tanah, agar menjadi lebih empuk ketika digunakan untuk menanam berbagai jenis bahan pangan.


 


- Box dryer


Mesin modern ini merupakan salah satu alat yang banyak digunakan untuk mengeringkan tumbuhan padi yang akan digiling dengan menggunakan mesin lainnya. Selain padi mesin ini pun dapat digunakan untuk mengeringkan berbagai hasil pertanian bahan pangan lainnya, seperti jagung, kedelai, rempah-rempah dan bahan pangan lainnya. mesin ini berfungsi secara nyata sebagai pengganti sinar matahari, yang memang tidak dapat diperoleh para petani, ketika musim penghujan tiba. Bentuk mesin ini pada umumnya seperti sebuah mesin penggiling, yang memiliki box pengeringan yang lebar. Daya tampung mesin ini sangat beragam, bergantung pada kapasitas yang ditawarkan.


 


- Mesin pengupas padi dan penepung padi


Mesin yang banyak digunakan pada saat masa panen tiba ini, berfungsi untuk membelah kulit padi, agar butiran beras dapat terbentuk dengan sempurna. Tidak hanya dapat digunakan untuk mengupas padi saja, namun mesin yang satu ini biasanya akan dapat Anda temukan dalam bentuk kombinasi dengan mesin penepung yang biasanya banyak digunakan oleh para petani gandum, sebagai alat kerja yang komplit dan praktis untuk digunakan.


 


Selain ketiga mesin pertanian modern seperti disebutkan diatas, Anda masih dapat menemukan banyak lagi peralatan modern yang kini banyak digunakan oleh para petani di Indonesia. Peralatan seperti mesin panen padi ataupun mesin penanaman padi juga dapat Anda temukan digunakan oleh para petani Indonesia, namun masih belum secara merata digunakan oleh para petani Indonesia karena memang harga yang harus dibayarkan masih mahal.

 
Written 306 weeks ago